Sunday, 26 May 2019

Tips Mudah Atasi Layanan Google Play Store Telah Berhenti

Mangatis.com - Sayangnya layanan google play store telah berhenti. Pengguna hp android mungkin sudah tidak asing lagi dengan peringatan yang satu ini. Masalah ini biasanya muncul saat membuka aplikasi google play store yang merupakan aplikasi paling dibutuhkan untuk membuka dan memperbarui aplikasi terkait lainnya, seperti aplikasi permainan dan aplikasi terbaru lainnya.

Peringatan "sayangnya layanan google play store telah berhenti" biasanya muncul karena disebabkan beberapa kesalahan dalam setelan android, diantaranya yang telah kami kutip dari jalantikus adalah 1) koneksi internet yang bermasalah, 2) pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai, dan 3) terjadi crash pada layanan google play store.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Store Telah Berhenti


Cara Mudah Atasi Layanan Google Play Telah Berhenti di Hp Android


Jika hp android yang kamu pegang saat ini sedang mengalami masalah "sayangnya layanan google play telah berhenti" seperti di artikel ini, maka tidak perlu khawatir dan jangan terburu-buru membawa android ke tukang service. Jika ada waktu lakukan tips mudah yang telah kami siapkan di bawah ini.

1. Restart Hp Android
 
Tips mudah yang pertama merestart android, siapa tahu Anda melakukan beberapa kesalahan kecil saat menggunakan hp android. Silahkan Anda matikan ulang android dan tunggu prosesnya apakah berhasil atau tidak. Jika tidak, silahkan ke tips yang kedua.

2. Bersihkan Data Cache di Google Play Store

Cache adalah data yang tersimpan sementara yang dapat membantu mempercepat masuk kembali ke halaman sebelumnya. Akan tetapi, cache terkadang menjadi masalah sehingga perlu menghapusnya dengan cara masuk ke pengaturan Android lalu pilih semua aplikasi dan pilih Google Play Store. Setelah itu silahkan tap penyimpanan lalu tap hapus data dan bersihkan cache.

3. Reset Akun Google

Tips mudah selanjutnya jika peringtaan "layanan google play store telah berhenti" masih muncul silahkan lakukan reset akun. Caranya gampang banget tinggal masuk ke pengaturan android lalu pilih Akun & Sinkronisasikan kemudian pilih akun google lalu hapus. Dengan begitu semua aplikasi yang terhubung dengan akun google yang telah kamu hapus tadi akan mengalami reset.

Sekarang matikan hp android dan setelah menyala kembali, silahkan tambahkan akun untuk masuk ulang ke akun google melalui cara yang sama yakni melalui pengaturan hp android.

4. Perbarui Google Play Store

Jika aplikasi google play store sudah dapat kamu buka, update sekarang! atau bisa memperbaruinya secara otomatis dengan cara buka aplikasi google play store lalu tap ikon tiga baris horizontal di atas kiri layar dan pilih setelan. Setelah itu silahkan pilih Update aplikasi secara otomatis lalu pilih melalui WiFi saja dan selesai.

5. Matikan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN memang dapat membantu kamu membuka situs yang tidak ada di Indonesia. Akan tetapi, aplikasi VPN ini juga bisa menjadi salah satu penyebab google play store berhenti karena bisa membuat google play store berjalan dalam versi luar negeri. Jadi, sebaiknya kamu matikan aplikasi VPN ini.

6. Format Android

Jika semua tips telah kamu lakukan dan tidak menghasilkan apa-apa, cara paling ampuh untuk mengatasi layanan google play store telah berhenti yakni dengan format Android atau lebih dikenal dengan factory reset. Akan tetapi, sebelumnya lakukan pemindahan data penting dari android ke penyimpanan lebih aman, seperti SD card dan komputer.

7. Bawa ke Tukang Sercive

Terakhir jika kamu memiliki uang lebih, sebaiknya bawa ke tukang service. Kamu tinggal tunggu hasilnya tanpa harus pusing memikirkan tips mudah atasi layanan google play store telah berhenti.

Itulah cara mengatasi layanan google play store telah berhenti di hp android. Sangat mudah bukan? Apakah kamu tertarik untuk melakukannya? atau lebih tertarik membawanya ke tukang service? Pilihan ada di hati kamu sendiri, wassalamualikum sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon