Thursday, 14 March 2019

Cara Reset Printer Epson Untuk Mengatasi Lampu Tinta dan Kertas Yang Berkedip

Mangatis.com - Ini adalah cara reset printer epson yang mengalami blinking, seperti lampu tinta dan kertas berkedip secara bergantian. Nah, jika printer epson yang kamu miliki di rumah, baik itu epson L sereis misalnya L120, L220, L300, L355 dan masih banyak lagi type printer epson lainnya mengalami masalah lampu tinta dan kertas terus menyala warna merah saat digunakan, tentu hal ini sangat tidak mengenakkan karena printer tidak dapat mencetak dokumen. Akan tetapi, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir! Di bawah ini telah saya siapkan solusinya.

Cara reset printer epson untuk mengatasi lampu tinta dan kertas berkedip ternyata sangat mudah, kamu tidak perlu buru-buru membawa printer ke tukang service yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Meningan uangnya di tabung atau digunakan untuk kepentingan lain.

Cara Reset Epson L120
Cara Reset Printer Epson (L Series) - YTB

Cara Mengatasi Printer Epson Lampu Tinta dan Kertas Berkedip


Biasanya akan muncul peringatan "The printer’s ink pads are at the end of their service..” di layar monitor sebelum printer epson minta di reset, peringatan ini menandakan catridga tinta telah expired mencapai batas akhir atau reset ink level atau waste ink pad counter. Pada umumnya hal ini mengakibatkan rumah catridge tidak mau bergerak lalu lampu tinta dan kertas terus berkedip.

Cara reset printer epson untuk mengatasi lampu tinta dan kertas berkedip, terbagi 2 metode. Pertama dapat dilakukan secara manual yaitu dengan menekan kombinasi tombol power yang ada di mesin pencetak printer. Sedangkan yang kedua yaitu dengan menginstall software resetter epson. Langsung saja ke metodenya.

Metode 1 # Reset Printer Epson Secara Manual

    1. Silahkan matikan power dan lepaskan colokan listrik dari printer epson yang kamu gunakan sekarang
    2. Setelah itu tunggu beberapa saat lalu kembali colokkan kabel power ke printer
    3. Nah, pada saat printer masih off, silahkan tekan tombol stop (indikator kertas) lalu tahan
    4. Berikutnya sambil kamu menekan tombol stop, silahkan tekan tombol power yang agak lamaan sekitar 5 s/d 10 detik hingga lampu tombol power menyala warna hijau.
    5. Sekarang kamu bisa melepaskan tekanan pada tombol stop.

    Biasanya dengan melakukan metode pertama di atas, printer epson yang mengalami masalah blinking atau lampu tinta dan kertas yang berkedip bergantian akan kembali normal dan bisa langsung digunakan kembali untuk mencetak dokumen. Akan tetapi, jika tidak dapat menyelesaikan masalah, langsung saja ke metode 2.

    Metode 2 # Reset Printer Epson dengan Resetter

    1. Kali ini saya contohkan pada printer epson type L series, kebetulan yang saya gunakan L120. Akan tetapi, cara reset printer epson ini berlaku untuk semua jenis atau type printer epson.
    2. Silahkan Anda download software resetter epson melalui " https://drive.google.com/open?id=1SigRDZxuhOf5xA1WdJiwyg8C5mTOGjBt " tanpa tanda petik
    3. Setelah berhasil di download, silahkan ekstrak menggunakan aplikasi winnrar atau sejenisnya dengan password mangatis.com
    4. Silahkan jalankan resetter dengan double klik pada opsi "AdjProg.exe"
    5. Lalu pilih "Accpet" dan pilih "Particular Adjusment Mode"
    6. Setelah itu pilih "Waste ink pad counter" dan tekan "Check"
    7. Berikutnya centang pada opsi "main pad counter, FL box counter dan Ink tube counter" lalu klik "Initialization"
    8. Terakhir klik "Finish" dan insya Alloh Printer akan normal kembali dan siap digunakan sebagaimana mestinya.

    Itulah cara reset printer epson untuk mengatasi lampu tinta dan kertas berkedip secara bergantian. Silahkan Anda buktikan sendiri. Selanjutnya mohon dukung terus blog sederhana ini dengan cara membagikan artikel ini ke berbagai media sosial lain. wassalam.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon